Sabtu, 24 Mei 2014

BAB 13

Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras computer adalah komponen fisik yang menyusun sistem komputer, meliputi:

Suplai daya
Floopy drives
Hard drive
Motherboard
Microprocessor chip
ROM chips
RAM chips
Peripheral cards
Expansion slots

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak adalah sesuatu yang menjadikan komputer “hidup”. Perangkat lunak terletak didalam perangkat keras. Anda dapat menganggap perangkat lunak sebagai program komputer. Program computer adalah daftar instruksi yang memberitahu apa yang harus dikerjakan oleh komputer. Ada dua kategori utama perangkat lunak, yaitu sistem perangkat lunak dan perangkat lunak aplikasi.

Sistem perangkat lunak mempunyai program yang memungkinkan anda berinteraksi dengan komputer anda, mengoperasikan disket, printer, dan piranti lain yang digunakan komputer.

Aplikasi perangkat lunak melibatkan program yang ditulis untuk memberikan komputer sebuah aplikasi yng spesifik, misalnya pengolah kata. Supaya aplikasi perangkat lunak dapat bekerja pada komputer anda, sistem perangkat lunak harus di-load ke dalam memori komputer.

Komputer Pada Kontrol Proses Dan Kontrol Mesin
Otomatisasi sekarang berkembang sangat cepat menuju titik kendali pusat yang diletakkan pada kantor sistem operator. Sistem pabrik dengan komputer terintegrasi memperlengkapi mesin individual untuk digunakan pada pabrikasi dengan fungsi komunikasi data dan kompabilitas yang memungkinkan piranti individual diintegrasikan pada sistem tunggal.

Komputer atau pengontrol sel, pada dasarnya adalah komunikator antar komponen. Perbedaan utama antara pengontrol yang dapat diprogram dan pengontrol sel adalah bahasa yang digunakan untuk memprogram pengontrol sel. Bahasa pemrograman PLC memerlukan pengetahuan pemrograman terbatas, pengontrol sel memerlukan pengetahuan pemrograman yang lebih banyak.

Control Numeric Computer (CNC)
Pada istilah yang umum, kontrol numerik (NC) adalah metode fleksibel dari pengontrolan mesin secara otomatis melalui penggunaan nilai numerik. Alat kontrol numerik digerakkan pada lintasan kontinu atau titik yang bervariatif untuk membuat komponen atau piranti menggunakan program yang membuat koordinat gerakan mesin dan operasi secara numerik. Kontrol numerik memungkinkan operator untuk berkomunikasi dengan alat mesin melalui sederetan angka dan simbol. Kontrol numeric idealnya dipakai untuk operasi yang melibatkan produksi yang sama variasi dan bentuknya. Pemrograman mesin kontrol numerik dapat dikategorikan menjadi dua daerah utama, yaitu pemrograman titik ke titik dan pemrogram.

Computerized Numerical Control
Pengontrol numerik terkomputerisasi (computerized numerical control = CNC) diperkenalkan sebagai fleksibelitas baru pada industri pembuatan. Pemrograman CNC sederhana terdiri dari pengambilan informasi dari bagian yang menggambarkan dan yang mengubah informasi ini ke dalam program komputer. Kelebihan CNC antara lain:

Memudahkan editing program
Kemungkinan pembuatan bentuk luar yang lebih kompleks
Pola mesin yang dapat digunakan lagi, yang dapat disimpan dan dipanggil kalau dibutuhkan
Kemampuan komunikasi pabrik yang luas dengan banyak piranti peripheral

Robot
Robot adalah alat yang dikontrol komputer yang melakukan tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia. Dasar penggunaan robot industri secara luas sekarang ini adalah lengan atau manipulator, yang bergerak untuk melakukan operasi industri.

Tugas Robot

Penanganan : pemuatan dan pengosongan komponen dari mesin
Pemrosesan : membor, mengecat, melapisi
Perakitan : menempatkan dan meletakan suku cadang pada kompartemen yang lain
Dismantling : pemecah objek menjadi bagian bagian komponennya.
Pengelasan : perakitan objek dengan permanen
Pengangkutan : pemindahan bahan dan suku cadang
Pengecatan : penyemprotan bagian bagian yang dicat
Tugas berbahaya : beroperasi di dalam panas, debu, radioaktif, suara, bau beracun tinggi

Pengontrol
Pengontrol berisi suplai daya, control operator, rangkaian control, dan memori yang menunjukan operasi dan gerakan robot, dan komunikasi dengan alat eksternal.
Alat alat pada pengontrol :

Panel Operator
Teach Pendant
Layar CRT

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda